WELCOME TO MY PERSONAL BLOGER : "FOY, TABEA, TAOP SONG, MAHIKAI, SWEII, AMULE MENO, NAYAK, WAINAMBEY, ACEM AKWEI, ABRESO..!!

Kamis, Juli 2

“10 Wilayah Ini Menjadi Target Pemekaran Di Propinsi Papua Barat”



Manokwari, Propinsi Papua Barat yang sementara ini terdiri dari 13 Kabupaten dan 1 Kota saat ini tengah memiliki 8 wilayah yang diproyeksikan untu menjadi Kabupaten antara beberapa tahun ke depan. DPR RI diduga telah menerima berbagai berkas dari 10 wilayah ini, meski kebijakan Jakarta yang tengah memoratorium pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) di seluruh Indonesia sedang berlangsung namun laju kepentingan elit-elit lokal untuk memekarkan daerah tidak pernah sulut, wilayah yang menjadi target masing- masing : 

1.    MANOKWARI
Kabupaten Manokwari saat ini baru saja, tiga tahun lalu memekarkan khawasan Pegunungan Arfak dan Manokwari selatan menjadi Kabupaten definitif. Manokwari yang paling sering mengalami defisit anggaran APBD, di Kabupaten ini tengah diusul dan diperjuangan oleh elit-elit lokal untuk ditingkat status atau dimekarkan menjadi “Kota Manokwari”.

2.   MALAMOY
Malamoy merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Sorong, wilayah ini tengah diisukan turut dibahas di senayan agar menjadi daerah otonom baru (DOB) yang terpisah dari Pemda Kabupaten Sorong.

3.   MAYBRAT SAW
Selain Kabupaten Malamoy,  Maybrat saw juga merupakan salah satu wilayah, berlokasi juga di Kabupaten Sorong. Maybrat saw tengah dodorong oleh elit lokal untuk segera disahkan menjadi Kabupaten definitiv oleh DRR RI

4.   MOSKONA
Ini merupakan salah satu wilayah yang berlokasi di daratan pegunungan Kabupaten Teluk Bintuni. kabarnya, Moskona telah menjadi agenda dari Pemda Teluk Bintuni, pernah dilakukan presentasi profil mengenai wilayah ini ke kantor DPD RI dan DPR RI di Jakarta. Populasi penduduk Moskona tidak kurang dari 8 ribu jiwa saat ini diduga memiliki berkas yang telah masuk ke senayan untuk dibahas menjadi DOB di Teluk Bintuni.

5.   RAJA AMPAT UTARA
Ini salah satu wilayah di Propinsi Papua Barat yang berbatasan langsung dengan Filipina, Raja Ampat utara kabarnya mendapati support dari Sekda Propinsi Papua Barat Nathaniel Mandacan untuk segera didorong oleh tim pemekaran setempat menjadi daerah otonom baru.

6.   RAJA AMPAT SELATAN
Raja ampat selatan, sama halnya dengan raja-ampat utara, merupakan wilayah yang sementara masuk dalam wilayah administratif Pemda Kabupaten Raja Ampat. Raja Ampat selatan juga memperolah dukungan dari Pemprov Papua Barat. Ini wilayah yang sempat dikomentari Sekda Propinsi Papua Barat, Nathaniael Mandacan selayaknya ke depan menjadi Propinsi Kepulauan Raja Ampat.


7.   KOKAS
Wilayah ini berlokasi di Kabupaten Fakfak, Propinsi Papua Barat. Kokas sementara adalah wilayah Distrik yang berbatasan langsung melalui darat dengan Teluk Bintuni. Berkas Kokas diduga telah ada di meja kalangan wakil rakyat DPR RI Jakarta. Di Kabupaten Fakfak, elit DPRD paling serius berbicara mengenai pemekaran kokas menjadi Kabupaten, beberapa orang pejabat DPRD setempat mendesak Pemda Fakfak mengalokasikan anggaran mencapai miliaran rupiah dari APBD untuk mendanai proses pemekaran wilayah Kokas.

8.  IMEKO
Wilayah ini sementara menjadi daerah administratif pemerintah Kabupaten Sorong Selatan, Imeko adalah wilayah yang terdiri dari Inawatan, Metamani dan Kokoda sehingga disingkat Imeko. Sejak tahun 2001 silam, wilayah ini sudah diperjuangkan untuk menjadi daerah Otonom Baru di Propinsi Papua Barat.

Pemda Kabupaten Sorong Selatan dan DPRD Kabupaten Sorong Selatan kabarnya mendukung secara langsung pemisahan Imeko sebagai DOB tersendiri dari Kabupaten Sorong Selatan.

9.  MANOKWARI BARAT
Manokwari Barat, diisukan terdiri dari Distrik Kebar, Senopi, Mubrani dan Amberbaken wilayah yang masih menjadi polemik antara Pemda Kabupaten Tambrau dan Pemda Kabupaten Manokwari. Manokwari Barat menurut informasi yang bereda direncanakan jika menjadi Kabupaten akan beribukota di Jandurauw – Kebar.

10.KURI WAMESA
Saat ini Wilayah Kuri wamesa membentang luas di dua Kabupaten definitif yakni Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Teluk Wondama. Kuri Wamesa. Wilayah ini diisukan telah didiskusikan oleh kalangan DPD RI dan mendapati respon dukungan yang cukup positif.

Inilah 10 wilayah yang sementara cukup marak diperbincangkan publik dan pejabat menjadi target pemekaran di Propinsi Papua Barat.***black_fox


Sumber Posting : Diolah dari berbagai sumber media